Jakarta, 6 Februari 2024 -  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Biro Perencanaan melaksanakan Workshop SAKIP Tahun 2024 di Ballroom Angsana Holiday Inn  Jakarta, bertujuan untuk meningkatkan implementasi kinerja dan anggaran BMKG agar lebih efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari (6/7 Februari) diikuti oleh Taskforce LAKIP Unit Eselon I dan II Pusat dan Daerah serta Tim Reviu dari Inspektorat BMKG baik online dan offline di buka secara resmi oleh Sekretaris Utama BMKG Dwi Budi Sutrisno.

Dalam sambutannya, Sekretaris Utama BMKG, Dwi Budi Sutrisno, mengajak seluruh peserta untuk bersyukur atas kesempatan berkumpul dalam acara yang sangat penting ini. Beliau menyampaikan bahwa Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan.

"Sistem ini terintegrasi mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaporan kinerja, hingga evaluasi, selaras dengan sistem akuntabilitas keuangan untuk mendukung visi dan misi BMKG," ujar Dwi Budi Sutrisno.

Melalui sambutannya, Sekretaris Utama juga memberikan informasi hasil evaluasi akuntabilitas kinerja BMKG pada tahun 2023 yang mendapatkan predikat "BB" dengan nilai sebesar 75,14. Meskipun mendapat penilaian sangat baik, namun terdapat catatan dan rekomendasi dari Kementerian PANRB yang perlu segera ditindaklanjuti.

"Perbaikan implementasi SAKIP perlu dilakukan dengan lebih mengefektifkan penerapan budaya kinerja di setiap unit kerja BMKG. Kita harus bekerja lebih keras agar kedepannya BMKG meraih predikat 'A'," tegasnya.

Dalam upaya perbaikan ke depan, Sekretaris Utama juga mendorong seluruh unit kerja untuk meningkatkan kualitas perencanaan dan penganggaran, koordinasi antar Kementerian/Lembaga, akuntabilitas layanan, serta keterbukaan informasi publik.

"SAKIP bukan hanya menitikberatkan pada nilai, tetapi juga menunjukkan kemampuan instansi pemerintah dalam melakukan pengelolaan anggaran untuk pemerintahan yang berorientasi hasil, demi memberikan pelayanan dan kemanfaatan bagi masyarakat," tambahnya.

Diakhir sambutannya, Sekretaris Utama berharap Workshop SAKIP Tahun 2024 dapat menjadi langkah awal untuk mewujudkan visi BMKG yang berkelas dunia dengan semangat socio-entrepreneur, menuju Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian.

Selain itu, diharapkan akan memberikan kontribusi signifikan untuk peningkatan kinerja dan transparansi BMKG demi mewujudkan good and clean government yang diinginkan, tegasnya.

Pembukaan Worskhop SAKIP Tahun 2024 dihadiri Kepala Biro Perencanaan, dan Inspektur BMKG serta para KUPT Daerah melalui Zoom Meeting.